Pengertian CWM(Clock Word Mod) - Naxtor Tech
News Update
Loading...

Senin, 01 Februari 2016

Pengertian CWM(Clock Word Mod)

Hai,sobat yang berkunjung di Blog ini,pasti sobat pernah dengarkan apa itu CWM.Di artikel ini saya akan menjelaskannya apa pengertian CWM.


Peran CWM menjadi sangat penting dalam urusan installasi custom ROM (cusrom). Karena untuk dapat menginstall ROM yang telah dimodifikasi tersebut, pengguna memerlukan ClockWorkMod Recovery sebagai "alat" untuk menginstall. Itu artinya, tanpa adanya mode recovery ini pengguna tidak akan bisa memasang custom ROM pada perangkat Android yang dimilikinya.






Cara menginstall CWM sendiri bisa berbeda - beda tiap merek / tipe perangkat yang digunakan, namun yang pasti syarat utama yang dibutuhkan untuk dapat memasangnya adalah perangkat harus sudah di root. Selain untuk menginstallasi beberapa hal yang saya sebutkan diatas, CWM juga bisa berperan sebagai mode recovery layaknya mode recovery bawaan perangkat, yakni bisa digunakan untuk membackup data pada perangkat kita, serta me-restore (mengembalikan) nya jika suatu ketika kita membutuhkannya, serta mengembalikan perangkat ke pengaturan awal (factory reset atau kembalikan ke pengaturan pabrik).


Nah itulah pengertian CWM pada Android yang sudah saya tulis "versi orang awam". Kenapa saya sebut sebagai versi orang awam? Karena pengertian sesungguhnya memiliki penjelasan yang jauh lebih kompleks dan lebih rumit dari yang saya tulis diatas, sehingga kemungkinan orang awam seperti saya tidak akan mengerti penjelasannya. Semoga bermanfaat :D

Kelebihan CWM dari pada recovery stock :

1. CWM dapat membuat backup full Rom yang sedang kita pakai...
2. Mempermudah kita melakukan instal pada Custom RROM
3.Dapat mempermudah kita melakukan wipe cache dan dalvick cache pada Rom yg kita pakai.


 Credits
1.Irnaldo Putra Fitrah
2.Group Redmi Note 4G


Sekian dari artikel yang saya berikan semoga bermanfaat.Terima kasih telah berkunjung.  

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentar yang relavan, tidak diperbolehkan menyebarkan link.

Notification
Terima kasih telah berkunjung !.
Done