Pengertian VPN serta manfaat menggunakan VPN

Pengertian VPN

Dalam dunia teknologi sekarang perkembangan IPTEK sungguh bergerak sangat cepat. Penggunaan internet menjadi keseharian orang yang ada Di Indonesia sekarang ini. Ada beberapa istilah yang harus kalian tau dalam dunia internet termasuk VPN ini.

Baca juga

apa sih pengertian VPN ??? apa sih arti kata VPN ??? disini akan saya bahas seputar VPN termasuk pengertiannya serta manfaat bagi menggunakannya.

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network.

Apa sih maksudnya dari Virtual private network itu ??? untuk penjelasannya silahkan anda melihat gambar diatas sebagai mindmap dari VPN itu sendiri. Dengan adanya VPN kita bisa mengakses suatu data dengan koneksi pribadi.

VPN support dengan tipe tipe jaringan seperti  Dial-Up, ADSL, Cable Modem, WIFI, 3G, CDMA Net, GPRS, dan LTE. Virtual private network juga support dengan beberapa protokol seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Dengan begitu, VPN menjadi sangat tidak terbatas untuk melakukan akses pada VPN karena tidak dibatasi.

Perlu kalian tau, jaman sekarang VPN digunakan untuk hal hal yang berbau phreaker itulah pengertian VPN yang di kebanyakan orang. VPN digunakan sebagai hal hal yang berbau gretongan hehehehehehe.

Walau begitu, masih banyak kegunaan VPN yang harus kalian ketahui serta manfaat dari VPN itu sendiri. Diatas sudah saya jelaskan cara kerja VPN melalui gambar yang telah saya paparkan.

Apakah VPN hanya digunakan untuk hal hal berabu phreaker ??? jawabannya tidak

VPN sering digunakan oleh perusahaan besar untuk mengakses data dari sever pusat ke client yang membutuh data tersebut. Dengan adanya VPN membuat akses lebih mudah serta sungguh sangat banyak keuntungan sertta menfaat dari VPN.

Mau tau apa saja manfaat atau keuntungan dari VPN ???

Manfaat VPN


  • Membuat private akses, akses anda tidak ada orang yang tau kecuali anda.
  • Membuat koneksi enskripsi, dimana semua akses anda akan di enkripsi sehingga tidak rawan akan pembobolan
  • Memudahkan akses, dengan menggunakan VPN anda bisa mengakses komputer anda dimana saja karena VPN memilliki fungsi Remote access.
  • Mudah digunakan, kalian bisa menggunakan VPN untuk mengakses data tertentu tanpa adanya hal hal yang merepotkan
Kekurangan VPN

  • Akses lambat, dalam menggunakan VPN anda akan membutuh pihak ke-3 yaitu VPN itu sendiri, dengan begitu kerja VPN juga bergantung dari ISP (internet service provider) anda sendiri.
  • Biaya pembayaran mahal, bagi kalian yang membeli VPN yang berbayar perbulan atau pertahun dengan kecepatan akses yang cepat maka membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Setelah kita membahas pengertian, manfaat, dan kekurangan VPN. Sekarang kita akan membahas tujuan dari penggunaan VPN tersebut. Setelah anda memahami cara kerja VPN dan apa saja keuntungannya, kali ini anda harus paham tujuan dari penggunaan VPN itu sendiri.

Baca juga

Tujuan menggunakan VPN

  • Memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja, sehingga pegawai yang mobile dapat mengakses jaringan khusus perusahaan di manapun berada. Selama bisa mendapatkan akses internet ke ISP terdekat, staff perusahaan tetap dapat melakukan koneksi dengan jaringan khusus perusahaan
  • Bisa digunakan untuk penggunaan suatu database terpusat untuk mengkomunikasikan antara server dan client via internet seperti Aplikasi Perdagangan, Purchase, P.O.S, Accounting, Cashir, Billing system, General Ledger, Remote Web Camera, DLL
  • jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas, sehingga perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya di daerah lain. Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan lokal ke tempat lain juga semakin cepat, karena proses instalasi infrastruktur jaringan dilakukan dari perusahaan / kantor cabang yang baru dengan ISP terdekat di daerahnya. penggunaan VPN secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja
  • penggunaaan VPN dapat mengurangi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan leased line sebagai cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN.  Dapat mengurangi biaya pembuatan jaringan karena tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang. Penggunaan kabel yang panjang akan membutuhkan biaya produksi yang sangat besar. Semakin jauh jarak yang diinginkan, semakin meningkat pula biaya produksinya

Penutup


Diatas adalah pengertian VPN, manfaat VPN, kekurangan VPN, serta tujuan penggunaan VPN. Dengan anda tau cara kerja Virtual private network, akan membuat anda paham lebih lanjut cara kerja koneksi internet yang luas ini. 

Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan kata, semoga bermanfaat ~

Comments

Berkomentar yang relavan, jangan menyebarkan link yang tidak penting