Pengertian UBL dalam dunia opreker

Pengertian UBL

Naxtor Tech - Hai, semuanya ! admin mau membahas seputar android lagi nihhh... jika kalian sudah lama menggunakan smartphone, kalian sudah tidak asing kan mendengarkan kata UBL.
Apa itu UBL ? jika kalian bertanya apa itu UBL dan seperti apa pengertian lengkap tentang UBL, mari kita bahas bersama sama secara seksama.


Di Era Globalisasi ini smartphone menjadi bagian yang cukup penting dalam kehidupan sehari hari, bisa dibilang bahwa smartphone ini tidak bisa lepas dari kehidupan manusia Di Era Globalisasi ini.

Baca juga pengertian EMMC 
Dengan Kemajuan IPTEK yang semakin berkembang, semakin tinggi minat orang mengetahui tentang smartphone. Tak kalah dari itu, android yang menjadi Sistem operasi yang paling banyak digunakan, mendapatkan ketertarikan dari orang banyak agar mengetahui lebih lanjut apa itu android.


Dan sekarang pun muncul beberapa istilah yang tidak asing bagi pengguna android, salah satunya adalah UBL, UBL ini kita sering dengari di forum atau group yang berbica masalah android. Mau tau pengertian UBL yang lebih lengkap ? simak baik baik ya


Pengertian UBL


Kalimat UBL sangat melekat di kalangan pengguna android, emang apa itu UBL ? kok banyak orang yang tau tentang UBL ini ?


Admin akan memberikan sedikit penjelesan tentang pengertian UBL secara umum dan memberikan beberapa penjelasan pada contoh UBL.


UBL adalah kepanjangan dari kata Unlock Bootloader, U berati Unlock, BL berati Bootloader.


Unlock bootloader ini sudah tidak asing kita dengar, mengapa ?


karena ada bebearapa smartphone dengan operasi sistem android, dimana Bootloader nya terkunci, agar kita bisa menggunakan Bootloader itu secara berkuasa, kita harus membuka bootloader tersebut dengan istilah UBL atau Unlock Bootloader.


Lalu bagaimana cara melakukan UBL atau unlock bootloader ini ?


Setiap smartphone memiliki cara yang berbeda untuk melakukan unlock bootloader ini, cara yang digunakan sesuai dengan Chip yang digunakan pada smartphone tersebut.


Unlock bootloader yang paling membosankan menurut saya adalah terdapat pada smartphone bermerk samsung, entah kenapa proteksi smartphone yang satu ini harus membuat penggunanya bersusah payah agar bisa melakukan unlock bootloader.

baca juga panduan root, xposed, bootloop meizu m2 mini

Dan ada UBL berdasarkan CPU smartphone tersebut, CPU yang memiliki proses UBL yang cukup repot, menurut saya adalah Chipset Mediatek.


Contoh UBL yang sering dilakukan Opreker


Istilah UBL ini dilakukan hanya kepada smartphone yang memiliki sistem operasi Android, agar kalian lebih mengerti lagi dengan pengertian UBL.


Lalu seperti apa contoh UBL yang sering dilakukan ?


Contoh UBL yang sering sekali kita dengar adalah, Unlock bootloader Smartphone Xiaomi, Unlock Bootloader smartphone meizu, unlock bootloader smartphone samsung.


Mengapa unlock bootlader sangat ingin dilakukan ? supaya kita dapat mengakses Bootloader pada smartphone kita tanpa adanya batas batas yang ditentukan.


Contoh saja smartphone Xiaomi, Samsung, dan Meizu. Mereka melakukan penguncian bootloader di beberapa devices smartphone mereka.

Baca juga cara root meizu m3 note tanpa PC

Mengapa smartphone tersebut dilakukan penguncian bootloader ?


Karena perusahaan tersebut ingin para penggunanya merasa aman dan tidak merasa panik jika smartphone yang dimilikinya hilang atau dipinjam teman.


emang Lock Bootloader memiliki keuntungan ya ?


Ya, tentu saja !


Mau tau keuntungan Jika bootloader smartphone anda terkunci ? berikut keuntungan yang anda dapat


  • Membuat smartphone lebih aman
  • Terhindar dari reset yang dilakukan tanpa sepengatahuan kita
  • Lebih simpel digunakan jika ingin upgrade atau downgrade ROM
mungkin itu aja beberapa keuntungan yang anda dapat jika bootloader anda masih terkunci.


Penutup

Diatas adalah penjelasan saya tentang pengertian UBL dan beberapa contoh penggunaan UBL, dengan penjelsan lengkap diatas semgoa anda bisa mengerti apa itu UBL yang benar.

Sekian dari saya untuk Penjelasan lengkap tentang Pengertian UBL, semoga bermanfaat ~

Comments

Berkomentar yang relavan, jangan menyebarkan link yang tidak penting