cara membuat website sekolah dengan mudah dan benar

cara membuat website sekolah


Hi, apa kabar semuanya ? semoga dengan keadaan baik hehehe. Pada postingan kali ini saya ingin menjelaskan cara membuat website sekolah dengan mudah, pasti diantara kalian berpikir bahwa membuat website itu susah atau hal yang rumit. Ternyata, apabila kalian pelajari dan coba menganalisa, membuat website apalagi website sekolah adalah hal yang tergolong mudah.

Bagi orang awam memang terlihat sulit dari luarnya, dikarenakan untuk membuat sebuah website memerlukan pengetahuan seperti jaringan dan hardware karena berkaitan dengan hosting dan domain. Tapi bagi kalian yang tidak mempunyai pengetahuan tersebut dan ingin membuat website untuk sekolah apabila kalian disuruh oleh guru atau kepala program kalian (apabila sekolah di SMK), jangan khawatir.

Disini kalian akan dapat mengerti bagaimana cara membuat website sekolah yang benar, mulai dari pemahanan apa itu website dan perbedaannya dengan blog. Semua yang akan kalian pelajari disini akan sampai tuntas dan GRATIS ! hehehehe. Jadi dengan sangat mohon untuk membaca postingan ini secara pelan pelan dan coba pahami kalimatnya hehehehe. Langsung aja kita mulai cara membuat website sekolah by Naxtor Tech :)

Langkah langkah membuat website


Sebelum kalian memulai panduan atau tutorial membuat website sekolah ini, saya ingin kalian para pembaca mengubah mindset kalian tentang membuat website. Saya ingin kalian mengubah mindset kalian tentang membuat website menjadi hal yang mudah tetapi jangan diremehkan dan saya ingin kalian santai atau rilex saat mengikuti tutorial ini. Paham kan ?

Ok . .  langsung aja.

Sesuai dengan apa yang saya katakan bahwa disini kalian akan saya ajarkan cara membikin website dengan benar, benar dalam artian sesuai dengan prosedur. Jadi website yang akan kalian buat bukan website yang asal jadi, website yang akan kalian buat nanti akan menjadi website yang keren dan terarah.

Oleh karena itu, untuk membuat website sekolah yang bagus kalian harus punya rencana. Semua hal yang memiliki hasil yang bagus, pasti memiliki rencana yang bagus pula. Dalam panduan ini, kalian akan menggunakan rencana saya untuk membuat website sekolah. Berikut rencana membikin website dengan benar by Naxtor Tech, diantaranya:

  1. Membuat konsep
  2. Membuat desain
  3. Analisa
  4. Eksekusi
Terlihat sederhana ya ? mungkin lebih jelasnya bisa melihat gambar di bawah ini, mungkin gambar sederhana yang saya buat ini dapat menjelaskan tentang konsep saya dalam membuat website.

cara membuat website sekolah

Sudah dapat gambarannya di dalam kepala anda nanti seperti apa anda akan bekerja ? jika sudah mari kita lanjut membahas 1 per 1 dari konsep di atas.

Konsep


cara membuat website sekolah

Maksud dari konsep ini adalah akan seperti apa website anda, di dalam konsep anda harus menentukan tujuan dari website sekolah anda dan seperti apa website anda dilihat oleh pengunjung. Mungkin agar lebih jelas mengenai apa saja hal hal yang penting dalam membuat konsep untuk website, kalian bisa mengikuti konsep di bawah ini.

Nama Website : SMKN 1 Cibinong
Tampilan website : Mobile Friendly
Menu : Profile, visi dan misi, tujuan, jurusan, eskul, staf dan guru, fasilitas, dan lain lain.
Tampilan halaman depan(homepage) : Menjelaskan sekilas tentang profile sekolah mulai dari Kepala sekolah yang menjabat sampai kepala program, setelah itu menampilkan setiap jurusan SMKN 1 Cibinong, dan menampilkan setiap ekskul yang ada.

Dan seterusnya . . .

Kalian bisa memikirkan konsep hal apa saja yang ingin ditampilkan, contohnya seperti di atas bahwa di halaman depan atau homepage akan menampilkan profile sekolah, jurusan, dan ekskul. Kalian bisa terus membuat konsep tiap menunya, misalkan nanti di menu ekskul hal apa saja yang akan ditampilkan . . . dokumentasi ekskul, prestasi ekskul, atau pembina ekskul.

Kalian juga bisa coba analisa calon pengunjung dan analisa tampilan websitenya, apakah sudah sesuai dengan kriteria calon pengunjung. Pastikan bahwa target calon pengunjung anda sudah benar, jika itu adalah website sekolah maka tidak lain calon pengunjungnya adalah calon siswa, orang tua siswa, calon orang tua siswa, alumni, dan masih banyak kemungkinan siapa calon pengunjung anda.

Tetapi, target utama kalian adalah calon siswa dan calon orang tua siswa, karena mereka sedang mencari informasi tentang sekolah anda dari website resmi sekolah. Oleh karena itu, buatlah tampilan yang ramah dan responsif.

Sudah bisa paham kan mengenai konsep ini ? hehehehe.

Desain

cara membuat website sekolah


Setelah anda membuat konsep yang baik, sekarang kalian buat konsep yang keren hehehehe. Konsep udah bagus, tampilan website harus keren dong . . . setuju gk ? . Dalam desain ini anda akan merancang atau mendesain tampilan website sekolah anda, disini lah kekuatan terbesar website sekolah anda.

Jika konsep sebagus apapun dan tidak didukung dengan desain yang bagus juga, maka ini akan membuat konsep tersebut percuma, mengapa ? karena yang jelas jika desainnya tidak bagus para pengunjung jadi malas melihat lebih lanjut misalnya melihat homepagenya saja sudah tidak bagus apalagi ingin mengetahui isi per menu dan hal ini akan menimbulkan akibat pengunjung jadi tidak betah di website kita.

Paling parahnya adalah . . .

Pengunjung jadi mencap jelek sekolah kita ! kok bisa ? website sekolah bertujuan untuk mewakili sekolah sekaligus menjadi wadah memberikan informasi kepada umum mengenai hal hal yang berkaitan dengan sekolah.

Pikirkan . . .  apabila website sekolah yang kalian buat tidak sesuai dengan kualitas sekolah anda ?

Jika, website sekolah kalian bagus tetapi sekolah kalian biasa biasa saja, orang mungkin akan tertarik untuk mendaftar di sekolah anda.

atau

Website sekolah anda jelek tetapi sekolah kalian bagus dari segi akademis maupun prestasi, karena tampilan website sekolah anda jelek orang jadi meragukan sekolah anda dikarenakan dipikir para pengunjung tidak becus mengelola sebuah website.

INGAT ! di atas hanya sebuah pengasumsian saja, bisa saja asumsi saya salah karena hanya berupa opini saya sendiri. Oleh karena itu, buatlah tampilan website sekolah anda sebagus mungkin.

Analisa


cara membuat website sekolah

Setelah anda membuat konsep dan desain, lalu anda ingin cepat segara diterapkan pada website sekolah anda . . . urungkan niat tersebut ! setelah anda membuat konsep dan desain, hal selanjutnya adalah menganalisa keduanya. Konsep yang dibungkus oleh desain harus dianalisa, agar dapat memperbaiki menjadi lebih baik apabila menemukan kekurangan.

Analisa konsep yang telah dibungkus oleh desain ini dengan cermat dan hati hati, saya menyarankan kalian belajar juga mengenai user experience atau UX. Agar kalian dapat membuat UI (User Interface) yang cocok sesuai dengan kriteria pengunjung anda.

jujur . . .

Kita sendiri terkadang sulit untuk mengetahui kelemahan kita, bahkan mengakuinya. Untuk sarana yang tepat untuk menganalisa, coba kalian tanyakan kepada orang yang tepat. Kalian bisa menanyakannya ke guru kalian yang jago menganalisa, misalnya saya punya guru yang jago menganalisa karena memang ahli dan saya berlatarbelakang SMK.

Lalu guru saya menganalisa konsep dan tampilan saya, apabila guru saya mengatakan bahwa ada kekurangan dan dijelaskan mengapa disebut kekurangan (biasanya orang orang analisis jago menemukan masalah dan dapat mencari solusi yang lebih bagus) saya harus terima dan mencoba memperbaikinya.

Jika, kalian tidak punya orang yang tepat untuk diminta menganalisa, coba kalian post tampilan website sekolah kalian di sebuah komunitas atau group yang ada di internet. Pastikan kalian posting di tempat yang benar.

Sudah dilakukan analisanya ? sudah tau kan kekurangannya ?

Apabila jawabannya iya, maka coba kalian kembali lagi ke konsep yang telah kalian buat. Lakukan analisa dari sana, apakah ada konsep yang salah ? jika iya coba perbaiki. Lalu lanjut ke desain, coba analisa desain yang sudah buat. Apakah ada kesalahan ? jika iya, coba perbaiki.

Tujuan dari analisa ini adalah untuk menyempurnakan konsep dan tampilan website anda, saya rasa kalian sudah paham hehehehe . . . mari kita lanjut ke bagian terakhir.

Eksekusi


cara membuat website sekolah

SELAMAT !!! sekarang giliran kalian mengeksekusi apa yang telah kalian rancang, inilah bagian kalian menentukan pondasi website kalian.

Kalo diibaratkan seperti membangun rumah, kalian sudah mendesain rumahnya dan sekarang giliran kalian menentukan bahan atau material yang digunakan untuk membangun rumah kalian, kuat atau kokohnya rumah kalian didasarkan dari material yang digunakan dan rancangan rumah tersebut.

Sama halnya dengan website, kalian harus punya pondasi yang kuat untuk membuat website yang mampu bersaing. Apabila rancangan kalian sudah bagus, kalian harus mulai mencari material yang cocok digunakan agar membangun pondasi yang kuat.

Berikut hal hal yang harus kalian saat proses eksekusi, diantaranya:


1. Membuat template dari desain yang telah kalian buat

Kalian sudah membuat desain tampilan website sekolah anda, sekarang waktunya untuk membuat pemrograman HTML, CSS, dan PHP untuk template website anda. Disini kalian bebas memilih cara untuk membuat template website anda, anda bisa ngoding sendiri (native) untuk template website anda atau bisa menggunakan framework.

Karena ini adalah website, saya asumsikan kalian tidak punya CMS sendiri dan pilihan terbaik anda adalah menggunakan wordpress sebagai CMS. Jika kalian ingin menggunakan framework kalian bisa menggunakan beberapa framework CSS, JS, dan PHP yang saya rekomendasikan, diantaranya:

  • Bootstrap
  • W3school CSS
  • Laravel
  • Ionic
  • Vue JS
  • Dan lainnya
Manfaatkan framework framework yang tersedia untuk mempermudah anda dalam membuat template website yang berasal dari desain yang telah kalian buat, tetapi apabila anda ingin benar benar dari 0 tanpa bantuan dari framework berati prosesnya lebih lama.


2. Memilih hosting dan domain

Saya asumsikan bahwa template website sekolahan anda sudah jadi, maka sekarang adalah waktunya memilih provider hosting dan domain untuk website sekolah anda. Kenapa kalian harus memilih provider hosting dengan baik baik ?

karena, hosting yang anda pilih mempengaruhi performa website kalian. 

Bayangkan . . . jika kalian asal dalam memilih hosting, maka performa website kalian akan terancam.

Diibaratkannya kalian beli material rumah yang gk tau kualitasnya, lalu kalian jadikan pondasi rumah kalian . . . bayangkan apa yang terjadi ? rumah anda bisa rusak sewaktu waktu ! kalian harus membayar perbaiki rumah untuk memperbaiki kerusakan.

Semoga hal tersebut tidak terjadi pada anda, jika iya maka anda akan kewalahan. 

"Jadi takut nih, gk mau asal milih ahhh . . . Om Naxtor punya saran hosting terbaik gk Di Indonesia ?"

kalo saya ditanya kayak gitu saya bisa menyarankan provider hosting terbaik Di Indonesia yaitu Hostinger, Apa itu Hostinger ? hostinger adalah provider hosting tercepat dan terbaik Di Indonesia yang sudah menggunakan SSD sebagai storage dan menawarkan unlimited bandwidth kepada customernya serta support yang selalu siap merespon customernya selama 24/7.

"Udah dapet provider hostingnya, bingung mau beli paket yang mana, sarannya dong om wkwkwkwk"

Biasanya, kalo udah ketemu layanan hosting terbaik trus melihat paket hostingnya malah bingung mau beli yang mana. Saran saya, karena ini adalah website sekolah kalian bisa membeli paket WEB hosting premium. Selain terjangkau dan sesuai kebutuhan, kalian akan mendapatkan keuntungan, diantaranya:
  • 2x optimasi kecepatan WordPress
  • Gratis nama domai selama 1 tahun/lebih
  • Bandwidth unlimited
  • Kemudahan website builder
  • Akses SSH
  • Backup mingguan
  • Jaminan uptime 99.9%
  • Jaminan 30 hari uang kembali
Bayangkan website kalian mempunyai kecepatan yang sangat cepat, tak hanya menambahkan User Experience pada website anda tetapi anda juga mendapatkan keuntungan dari segi SEO, karena goolge suka dengan website yang memiliki loading yang cepat.

Cepat tidaknya website anda dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama hosting yang anda gunakan. Saya asumsikan bahwa kalian sudah membeli hosting dan domain untuk website anda.


3. Install WordPress di Control Panel

Setelah anda membeli hosting dan domain, saatnya anda menginstall wordpress di control panel anda. Berikut langkah langkahnya:
  1. Akses Control Panel
  2. Klik icon Auto Installer
  3. Masukan "Wordpress" tanpa tanda petik di kolom pencarian
  4. Setelah berhasil dibuka, lengkapi form untuk konfigurasi wordpress
  5. Tekan tombol install, tunggu sampai selesai
  6. Selamat !!! anda berhasil menginstall wordpress
Keterangan point no.4:

-URL : Alamat dimana anda menginstall wordpress anda, kosongkan apabila anda ingin menginstall
di domain utama anda. Nanti akan menjadi "domain.com/wp-admin" untuk mengakses admin.

-Administrator username : username ini yang akan kalian gunakan untuk login ke administrator

-Administrator password : password dari username yang akan kalian gunakan untuk login ke administrator

-Administrator email : Gunakan email aktif anda untuk mendapatkan pemberitahuan mengenai aktivitas akun wordpress anda atau untuk melakukan reset password

-Website title : judul website sekolahan anda

-Website tagline : kalimat yang akan muncul di bawah title untuk mendeskripsikan website anda kepada pengunjung.


4. Upload template ke wordpress

Sekarang kita lanjut dalam upload template yang telah kalian buat untuk website sekolah anda. Setelah anda berhasil menginstall wordpress. Sekarang saatnya untuk membuat website sekolah anda hidup ! upload template yang telah anda desain ke wordpress untuk ditampilkan dalam website anda.

Berikut langkah langkah mengganti theme atau template wordpress:
  1. Masuk ke dashboard wordpress
  2. Akses menu appearance
  3. Pilih themes
  4. Setelah selesai loading, pilih add new
  5. Pilih upload theme
  6. Pilih choose file untuk memilih template yang telah kalian buat tadi
  7. Setelah itu klik install
  8. Tunggu sampai selesai install
  9. Jika berhasil, pilih Active untuk mengaktifkan theme atau template tersebut.
cara membuat website sekolah

Selamat sekali lagi !!! website sekolah kalian berhasil dibuat dan telah aktif !!! sekarang kalian hanya perlu menambahkan konten dari website sekolah anda.

Kesimpulan


Membuat website sekolah adalah hal yang cukup mudah tetapi jangan diremehkan, kalian harus punya rencana yang bagus untuk dapat menghasilkan hasil yang bagus juga. Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat dan berguna bagi kalian semua, jangan lupa untuk bertanya di kolom komentar.

Mohon maaf jika ada kesalahan kata, semoga bermanfaat ~

Comments