daftar distro linux ringan terbaik yang cocok untuk pemula - Naxtor Tech
News Update
Loading...

Sabtu, 11 November 2017

daftar distro linux ringan terbaik yang cocok untuk pemula

distro linux terbaik untuk pemula - Pada zaman sekarang kita tidak bisa menghindari penggunaan gadget, dalam penggunaan gadget dapat memudahkan kita pekerjaan kita. Dengan begitu, pekerjaan kita menjadi cepat selesai dan tidak terlalu memakan banyak waktu. Untuk itu kita harus menggunakan gadget yang memiliki fungsi sesusai dengan kebutuhan kita.

Oleh karena itu, peranan Operating system sangat berpengaruh akan kegunaan dari perangkat. Tetapi bagaimana jika kita mempunyai budget yang terbatas dan tidak mampu membeli lisensi software ataupun OS (operating system) ? tenang ! karena disini saya akan membahas distro linux bagi kalian yang ingin mempelajari linux atau mungkin anda ingin sepenuhnya hijrah ke linux.

Mengapa harus linux ? karena linux adalah Operating system yang bersifat open source dan tentunya gratis untuk digunakan. Dan juga pengembangan linux tetap berjalan hingga sekarang, jadi anda tidak perlu khawatir dengan software dan OS yang out of date. Dan tentunya mengapa linux menjadi pilihan karena user interfacenya yang friendly dan mudah digunakan.

Maka dari itu, saya akan merekomendasikan distro linux ringan terbaik untuk pemula. Saya akan membagikan daftar kepada kalian tentang distro linux ringan terbaik yang cocok bagi pemula. Mungkin bagi anda yang baru ingin menggunakan linux agak sedikit susah untuk terbiasa dengan interface yang dimiliki oleh linux.

Tapi tenang saja, distro linux yang saya bagikan ini ringan dan juga cocok buat pemula seperti anda. Mari kita simak baik baik tentang distro linux ringan terbaik ini yang pastinya cocok untuk pemula seperti anda.

Distro linux terbaik untuk pemula


1. SparkyLinux

distro linux terbaik untuk pemula
SparkyLinux - distro linux terbaik untuk pemula

Di posisi pertama distro linux terbaik untuk pemula kita mempunyai Sparkylinux.Sparkylinux sama seperti distro linux lainnya pada waktu yang sama. Sebelumnya saya pernah membahas distro linux yang cocok untuk laptop jadul. Sparky linux juga salah satunya, distro linux rignan ini bisa dipasang pada laptop jadul anda atau anda ingin memasangnya di komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi.

2. AntiX Linux

distro linux terbaik untuk pemula
AntiX LinuX - distro linux terbaik untuk pemula

Yang kedua adalah Antix Linux, distro linux terbaik untuk pemula ini based on debian linux. Oleh. Distro linux ini tetap akan berjalan di komputer maupun laptop jadul anda. Dengan pengembangan yang ringan membuat distro linux terbaik ini mudah digunakan.

baca juga:

3. Tiny Core

distro linux terbaik untuk pemula
Tiny Core - distro linux terbaik untuk pemula

Bersiaplah untuk takjub dengan Core Tiny. Saya yakin aplikasi pengeditan gambar terkecil Windows akan lebih berat dari pada Tiny Core Linux. Iya nih! Ukurannya hanya 15MB! Takjub? Dibutuhkan lebih banyak waktu mendownload klip video berkualitas rendah dari pada Tiny Core.Nah, itu tentang ukuran distro tapi apa yang ada di dalamnya juga akan memukau Anda. Muncul dengan antarmuka minimal dan sangat sedikit aplikasi yang terpasang. Jika Anda memiliki komputer kuno maka cobalah ini dan lihat keajaibannya. Ini lebih cepat boot daripada OS lainnya.

4. Puppy Linux

distro linux terbaik untuk pemula
Puppy Linux - distro linux terbaik untuk pemula

Seperti yang saya sebutkan di atas sekarang distribusi akan kurang dalam ukuran tapi cepat. Puppy Linux adalah salah satunya, rilis terbaru dari Puppy Linux adalah Puppy Linux 6.0.2 tahrpup CE yang hanya berukuran 199 - 201MB. Iya nih! Ini sangat kecil. Distribusi Linux kecil ini bisa di boot dengan USB stick kecil.

Puppy Linux bisa booting langsung dengan CD / DVD / USB dan sekali boot Anda bisa menghapus CD / DVD / USB dan Puppy Linux akan berjalan lancar. Ini sangat kecil sehingga menghemat banyak RAM yang membuatnya sangat cepat. Anda bahkan bisa menyimpan data pada USB yang sama seperti yang Anda boot dari Puppy Linux. Rilis 7.0.3 yang unik bahkan lebih kecil dari pada CE, hanya 176MB.

5. Bodhi Linux

distro linux terbaik untuk pemula
Bodhi Linux - distro linux terbaik untuk pemula

Distribusi Linux ringan lainnya adalah Bodhi Linux yang memberi kehidupan pada PC & Laptop yang lebih tua. Bodhi Linux cukup dikenal karena ringannya. Tidak banyak perangkat lunak yang dimuat di Bodhi Linux sehingga ISO tidak berukuran besar dan bila dipasang di komputer lama, komputer itu berjalan dengan bebas tanpa menggunakan banyak memori. Tapi jangan berpikir bahwa Anda tidak bisa menginstal aplikasi lain, Anda bisa memasang aplikasi yang Anda butuhkan. 

Selain ini, Pencerahan membuat distro jauh lebih cepat. Pencerahan lebih cepat daripada window manager lain yang digunakan di distro Linux lainnya. Jika Anda memiliki masalah dengan menggunakan Enlightenment atau fungsi Bodhi lainnya, ada beberapa panduan bermanfaat yang ditulis oleh tim.

Penutup

Diatas adalah distro linux terbaik untuk pemula, semua distro linux terbaik diatas adalah distro linux yang ringan jadi cocok untuk anda yang mempunyai laptop jadul. Jika anda ingin belajar linux lebih lanjut, silahkan lihat panduan yang telah diberikan oleh penyedia distro linux yang anda pakai. Biasanya tersedia User Guide atau panduan pengguna.

Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan kata, semoga bermanfaat ~

Selamat mencoba ~

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Terima kasih telah berkunjung !.
Done