Fungsi Aplikasi HR Berbasis Web Dalam Manajemen Karyawan - Naxtor Tech
News Update
Loading...

Senin, 08 April 2019

Fungsi Aplikasi HR Berbasis Web Dalam Manajemen Karyawan

Fungsi Aplikasi HR Berbasis Web Dalam Manajemen Karyawan

Naxtortech.net - Bila melihat beberapa dekade terakhir, tim HR milenial sudah tidak menggunakan sistem personalia berbasis kertas. Selain dirasa terlalu rumit dan banyak kesalahan, pemakaian kertas dan tinta setiap bulan, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini juga tidak sejalan dengan prinsip perusahaan yang ingin mendukung kelestarian alam atau lebih ramah lingkungan tanpa penggunaan kertas.
Nah, karena itulah manajemen karyawan dalam perusahaan saat ini lebih mengutamakan aplikasi HR berbasis web. Menurut statistik Global Human Capital Trends pada 2016, HR akan menerapkan aplikasi berbasis web mengalami kemajuan pesat. Tetapi, apa saja fungsi dan peranan aplikasi HR berbasis web untuk memaksimalkan manajemen karyawan? Mari kita simak infonya berikut ini.

1. Tingkat Akurasi Data Karyawan 

Aplikasi HR menumbuhkan kredibilitas perusahaan di mata karyawan. Dengan penyimpanan database yang aman di cloud server, dapat mengurangi tingkat kecurangan, pencurian data, atau akses data bagi karyawan yang tidak berkepentingan.
Data karyawan merupakan aset berharga bagi setiap perusahaan yang harus dipertahankan dan disimpan dengan baik. Nantinya, tim HR dapat mengelola data karyawan ini untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan. Seperti promosi jabatan, penilaian kerja karyawan, pemberian tunjangan, hadiah atau rewards, dan sebagainya.

2. Modernisasi Sistem HR

Bagi setiap karyawan milenial, perusahaan yang selalu mengakomodir kebutuhan mereka akan teknologi merupakan perusahaan yang layak untuk dikembangkan. Karyawan akan merasa lebih puas dan loyal jika perusahaan mengerti kebutuhan dan membantu tugas – tugas mereka dengan fitur teknologi modern.
Termasuk jika tim HR memiliki perangkat luna atau aplikasi hr berbasis web gratis maupun berbayar. Hal ini akan sangat mendukung kinerja tim HR agar lebih fleksibel selama mengelola data karyawan. Data yang tersimpan dalam dabatase cloud lebih mudah diakses kapanpun dan dimanapun tanpa perlu datang ke kantor terlebih dahulu. Pekerjaan tim HR bisa lebih mudah dikerjakan di mana saja, termasuk jika mereka memilih bekerja dari rumah.

Baca Juga :  Sistem Payroll Terbaik : Efisienkan Pekerjaan HRD

3. Mengurangi Kesalahan Manusia

Modernisasi HR dapat mengurangi kesalahan yang diakibatkan kelalaian atau faktor manusiawi. Meskipun hal ini sangat wajar dan lumrah, akan tetapi kesalahan manusia yang muncul ketika perhitungan penggajian akan berdampak berat bagi perusahaan. Ini karena sistem payroll dapat terkait dengan perhitungan pajak PPH 21 dan kesalahan akan berujung pada sanksi atau denda.
Kesalahan manusia dapat dikurangi dengan adanya aplikasi hr berbasis web yang otomatis dan terstruktur. Tim HR tidak perlu lagi repot menginput manual satu per satu data karyawan, karena perhitungan sudah bisa dilakukan secara otomatis dalam beberapa klik.

4. Menjamin Keamanan Data HR

Bagi setiap perusahaan data karyawan merupakan aset berharga perusahaan. Saat ini sudah bukan hal yang baru jika antara perusahaan ternama terdapat persaingan untuk memperebutkan talenta terbaik.
Dari data Ponemon Institute melaporkan bahwa setidaknya ada separuh data karyawan milik perusahaan besar mengalami kebocoran per tahun. Dengan total kehilangan data antara 1.000 hingga 100.000 data – data krusial. Dengan adanya software HR atau aplikasi hr berbasis web, data karyawan tersimpan dalam cloud server yang aman, dan hanya bisa diakses oleh pihak tertentu. Bahkan, akses data setiap pengunjung dapat diawasi langsung untuk mencegah pencurian data atau aksi cyber crime.

Inilah fungsi penting dari pemanfaatan aplikasi hr berbasis web bagi perusahaan Anda. Kinerja perusahaan bisa ditingkatkan sekaligus meringankan tugas tim HR yang bisa lebih fokus pada tugas inti dalam menyejahterakan karyawan ketimbang hanya mengurusi sistem administrasi personalia yang seharusnya bisa dilakukan secara otomatis.

Dapatkan keuntungan aplikasi HR berbasis web dari LinovHR yang menjadi kepercayaan sejumlah perusahaan ternama di Indonesia. Contact tim sales LinovHR untuk uji coba atau trial gratis aplikasi HR berbasis web dari LinovHR sekarang juga.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentar yang relavan, tidak diperbolehkan menyebarkan link.

Notification
Terima kasih telah berkunjung !.
Done