Tips Membeli Smartphone Baru agar Tidak Salah Beli - Naxtor Tech
News Update
Loading...

Kamis, 17 Februari 2022

Tips Membeli Smartphone Baru agar Tidak Salah Beli

Naxtor Tech - Ada banyak smartphone yang bertebaran di pasar, dan harga serta spesifikasinya juga bervariasi. Sebagian orang pun bingung bagaimana cara memilih smartphone baru. Inilah tips membeli smartphone baru agar tidak salah beli.

Smartphone sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Smartphone digunakan untuk berkomunikasi, mengerjakan tugas, mengambil gambar, dan berselancar di internet.

Fungsi smartphone yang beragam membutuhkan spesifikasi yang beragam. Sayangnya, manufaktur tak pernah bisa membuat produk smartphone yang bisa memuaskan semua pengguna, dan sebagian smartphone hanya bagus pada spesifikasi tertentu saja.

Hal ini membuat fungsi smartphone menjadi berkurang. Akhirnya, pengguna pun menyesal telah membelinya karena merasa telah salah membeli smartphone baru, yang tidak berfungsi sesuai keinginan.

Pada umumnya, setiap pengguna smartphone memiliki preferensi sendiri dalam memilih smartphone seperti apa yang bagus untuknya, baik smartphone Android atau iPhone. 

Ada sejumlah tips membeli smartphone yang layak diketahui semua calon pembeli smartphone sehingga kamu tak lagi kebingungan dalam memilihnya.

Material atau Bahan yang Digunakan


tips membeli smartphone baru agar tidak salah Beli


Material atau bahan yang digunakan untuk melapisi badan smartphone sangat menentukan keawetan dari smartphone tersebut. Tapi, bahan juga menentukan penampilan smartphone.

Ada beberapa jenis material smartphone pada umumnya: metal, plastik, keramik, dan kaca.

Smartphone berlapis plastik tentunya terasa murahan dan tidak nyaman digenggam. Lebih buruk lagi, lapisan plastik mudah terkena noda, atau mudah kotor. Namun harganya relatif lebih murah, cukup kuat, dan tersedia dalam banyak warna.

Metal merupakan yang paling banyak digemari orang. Selain kelihatan dan terasa premium, smartphone berbahan metal juga ringan.
 
Sayangnya, bahan ini mengonduksi panas dengan mudah. Apabila bagian dalam smartphone panas, kamu akan merasakannya dengan mudah ketika menggenggamnya.

Selain itu, metal juga mudah berbentuk. Apabila kamu tak sengaja menduduki smartphone, smartphone mungkin saja akan berubah bentuk atau membengkok.

Smartphone berbahan kaca dan keramik juga banyak digemari. Kelebihannya, smartphone jadi tampak lebih menarik dan nyaman digenggam.

Kekurangannya, mudah pecah, mudah tergores, dan licin sehingga mudah jatuh. Namun hal-hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan casing plastik atau karet.

Pilih Layar Smartphone yang HD


tips membeli smartphone baru agar tidak salah Beli


Smartphone yang hendak dibeli seharusnya sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Apabila kamu ingin menonton video, mengedit foto atau video, men-download film, maka smartphone dengan layar 5inci hingga 6 inci merupakan pilihan yang bagus.

Bagi kamu yang ingin smartphone-nya muat di saku dan genggaman tangan, 5inci mungkin pilihan yang tepat. Apabila kamu memilih 5.5inci atau lebih, smartphone akan mulai terasa terlalu besar saat digenggam.
 
Layar yang HD (High Definition) dengan resolusi minimal 1080p juga cukup. Kurang dari itu, kualitas atau resolusi menonton film atau video di internet juga terbatas, dan font atau tulisan di layar akan terlihat lebih buram dari yang seharusnya, sehingga tak nyaman untuk digunakan membaca.

Prosesor Smartphone yang Cepat Sesuai Kebutuhan


tips membeli smartphone baru agar tidak salah Beli


Prosesor merupakan hal yang penting dipilih ketika membeli smartphone baru. Hal yang sama juga berlaku untuk laptop. Karena kecepatan smartphone akan bergantung sangat besar pada prosesornya.

Apabila kamu membeli smartphone dengan prosesor yang lebih rendah, efek animasi di Android akan terlihat sedikit macet-macet. Bermain games berat seperti PUBG Mobile atau Fortnite juga menimbulkan efek yang sama.

Untuk kebutuhan gaming berat seperti itu serta streaming video dengan kualitas HD, prosesor Qualcomm Snapdragon 652 atau Snapdragon 820/821 sudahlah cukup.

Memilih Kamera Smartphone dengan Kualitas Terbaik


tips membeli smartphone baru agar tidak salah Beli


Kamera smartphone yang bagus dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu yang paling diketahui banyak orang adalah jumlah megapixel. Tapi perlu diingat, megapixel hanya merupakan salah satunya – memiliki megapixel lebih tinggi belum tentu kualitas kamera lebih baik.

Selain megapixel, layar smartphone yang berpengaruh. Apabila layar terlalu kecil, maka kualitas gambar yang diambil akan terlihat lebih jelek. Aperture juga berpengaruh, yang biasanya diawali dengan “F” dan diikuti oleh nomor tertentu, misalnya “f1.8”.

Nomor aperture berguna untuk besaran cahaya yang masuk ke lensa, sehingga semakin lebar, maka kamera lebih mudah menangkap objek dengan tingkat pencahayaan rendah. Angka yang lebih kecil berarti bukaan lensanya lebih besar.

Masih banyak lagi hal-hal yang mempengaruhi kualitas foto smartphone. Resolusi gambar yang diambil semakin besar, maka gambar akan semakin lebih jelas. Bagi fotografer smartphone, kamera 12MP/16MP dengan aperture di bawah f/2.0 sudah cukup.

Baterai Smartphone yang Tahan Lama


tips membeli smartphone baru agar tidak salah Beli


Daya tahan baterai smartphone memengaruhi penggunaan smartphone untuk sehari-hari. Tanpa daya tahan baterai yang cukup lama, smartphone harus terus di-charge dengan powerbank tambahan agar tetap dapat digunakan dalam perjalanan.

Namun, daya tahan baterai smartphone juga bergantung pada penggunaannya. Untuk browsing atau streaming video YouTube atau bermain game, baterai smartphone mungkin akan lebih baik menggunakan 3500mAh.

Baterai di atas 3500mAh biasanya tahan seharian jika digunakan untuk hal-hal ringan, seperti membuka media sosial atau browsing, dengan sedikit bermain games dan streaming YouTube.
Bagi pengguna dengan budget lebih rendah, baterai 3000mAh juga sudah cukup. 

Sistem Operasi atau Versi Android juga Penting Diperhatikan


tips membeli smartphone baru agar tidak salah Beli

Untuk membeli smartphone baru, satu hal yang juga penting diperhatikan adalah sistem operasi yang digunakan dan versinya. Untuk smartphone baru di tahun 2020, versi Android terbaru yang layak digunakan paling tidak sebaiknya menggunakan Android 9.

Sebenarnya versi Android sendiri tidak begitu berpengaruh, selama tidak ada masalah kompatibilitas pada aplikasi yang digunakan. Sebagian aplikasi tidak lagi dapat berjalan pada Android 7 Nougat, karena Google sudah tidak lagi mendukungnya.

Android 9 mungkin yang paling direkomendasikan, karena smartphone biasanya bertahan hingga sekitar satu hingga tiga tahun dan setiap tahun Google selalu merilis versi Android terbaru. 

Tentunya setelah beberapa tahun menggunakan smartphone yang sama, Android yang digunakan bisa saja sudah ketinggalan zaman, atau bahkan tidak kompatibel untuk sebagian aplikasi di Play Store. Maka dari itu, pilih yang terbaru (Android 10) atau minimal Android 9.

Selain itu, pastikan brand smartphone yang digunakan dan modelnya mendukung upgrade ke Android versi terbaru, agar kamu tetap dapat bisa menikmati fitur-fitur terbaru. Atau paling tidak, ke OS smartphone terbaru.

Tidak semua fitur-fitur Android dapat digunakan di semua brand smartphone. Sebagian smartphone menyesuaikan fitur-fitur Android agar sesuai dengan OS brand yang dipakai. Seperti Xiaomi dengan MIUI.

Tapi tentunya, sistem operasi brand selain Android juga memiliki kelebihannya sendiri, seperti 
Bagi pengguna yang ingin Android 100% dengan fitur dan update langsung dari Google, kamu bisa membeli Pixel saja. Selain fitur, kamu juga bisa menikmati tampilan Material design seperti antarmuka pada produk atau layanan Google pada umumnya.

Atau, pilih smartphone dengan Android One, apabila kamu tak suka menggunakan hardware buatan Google. Brand seperti Nokia juga memasarkan smartphone Android One, yang murni 100% Android, dengan janji upgrade ke versi Android selanjutnya.

Penutup


Itulah tips membeli smartphone baru. Memilih smartphone baru tak lagi begitu sulit dan membingungkan sekarang. Tinggal mencari daftar smartphone sesuai budget di internet, lalu bandingkan spesifikasinya.

Baca juga:

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentar yang relavan, tidak diperbolehkan menyebarkan link.

Notification
Terima kasih telah berkunjung !.
Done